Pendaftaran 500 penjual pertama.. Jangan lewatkan kesempatan Anda!!

Keranjang 0 Produk

+++Komunitas Syoobe Indonesia

Gambar Digital Menggunakan Software Gratis!

Gambar Digital Pakai Software Gratis

Gambar digital adalah seni artistik menggambar menggunakan teknologi sebagai proses kreatif atau cara penyajiannya. Berbagai nama yang digunakan untuk gambar digital sudah berubah-ubah sejak tahun 1960 dimana pada saat itu disebut seni komputer dan seni multimedia. Pada era yang mengandalkan teknologi ini, minat masyarakat untuk gambar digital juga semakin tinggi. Pembuatan logo, gambar pixel, hingga pembuatan gambar potret wajah juga dapat digunakan menggunakan berbagai macam software.

Beberapa software yang sering digunakan untuk menghasilkan gambar digital adalah software milik Adobe. Adobe Photoshop, Illustrator, After Effects, hingga Premier sudah lazim digunakan oleh profesional yang terbiasa menggambar menggunakan teknologi. Namun, apabila dalam proses pembelajaran secara otodidak dan tidak ingin mengeluarkan biaya yang besar, pembayaran per bulan yang diharuskan untuk menggunakan seluruh fitur akan terasa berat.

Berikut adalah software alternatif gratis dari Adobe untuk menghasilkan gambar digital:

 

1. GIMP (GNU Image Manipulation Program)

GIMP atau GNU Image Manipulation Program adalah software gratis yang memiliki fitur seperti retouching foto, komposisi gambar, serta menggambar bebas. Dalam ulasan secara profesional, GIMP sering dibandingkan dan dianggap sebagai alternatif dari Adobe Photoshop. GIMP memiliki fungsi yang serupa dengan Photoshop namun memiliki tampilan yang berbeda.

2. Inkscape

Inkscape adalah software ilustrasi gratis menggunakan jenis grafis vektor. Fitur dari Inkscape adalah membuat objek, manipulasi objek, mengubah warna objek, serta penyimpanan dalam format dokumen yang berbeda. Inkscape sangat cocok untuk digunakan oleh pemula karena memiliki tool yang sama dengan Adobe Illustrator. Tampilan yang simpel seperti Microsoft Paint dapat memudahkan pengguna untuk belajar membuat gambar digital vektor berkualitas tinggi.

3. Krita

Krita adalah software sketsa dan lukis yang didesain khusus untuk pelaku seni digital. Berbagai fitur tersedia di Krita, termasuk pilihan kuas beragam dan stabilizer kuas, tool vektor dan teks, serta mode  wrap-around untuk tekstur yang lebih mulus. Krita juga dapat menghasilkan animasi 2D simpel. Tampilan yang dapat dipersonalisasi akan memudahkan proses belajar Anda.

4. Blender

Apabila Anda tertarik dengan gambar digital 3d, maka Blender cocok untuk Anda. Blender dapat digunakan untuk rendering, modeling, sculpting, animation, konsep desain 2D, efek visual, simulasi dan lainnya. Meskipun berfokus pada gambar dan animasi 3d, animasi 2d juga dapat dilakukan menggunakan software ini.

 

Saat belajar, tentu saja kita menginginkan alternatif paling murah yang bisa kita dapatkan. Namun setelah mulai mahir bahkan hingga menjual jasa kepada orang, ada baiknya apabila kita menggunakan fitur berbayar agar memaksimalkan potensial. Meskipun software yang tersedia adalah program yang baik, tidak semuanya memiliki fitur yang maksimal.